Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #65: Mudik Idul Adha Dilarang Juga? Menhub: Boleh kok Boleh!

Posted: 29 Juli 2020
Comments: 0


Sumber: Liputan6.com




Lebaran kedua sebentar lagi~





Mudik! Mudik!~





Loh emang olih mudik tah?





Jadi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan kalo Idul Adha tahun ini gak ada larangan buat warga untuk mudik seperti Idul Fitri lalu, alias boleh aja kalau kalian mau mudik lur!





Oke, tapi aman ora kue?





Kalo kata Pak Budi, jelang Idul Adha 1441 H ini  udah dilakukan antisipasi, karena perayaan ini juga jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 yang berarti akan ada libur panjang akhir pekan. Beliau telah menginstruksikan jajarannya untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang maupun lonjakan lalu lintas kendaraan.





Terus terus gimana lagi?





Diperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi pada transportasi antarkota maupun dalam kota. Oleh karena itu dilakukanlah antisipasi di simpul-simpul transportasi, di jalan-jalan nasional dan tol, serta daerah yang diprediksi akan terjadi peningkatan karena long weekend mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu. Selain itu, Kemenhub juga telah mempersiapkan personel, serta berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kepolisian dan Dinas Perhubungan di daerah untuk meningkatkan pengawasan lapangan dan para operator transportasi.





Protokol kesehatane piwe lur?





Walaupun diperbolehkan, tetap dari Menhub meminta para operator transportasi untuk bersama-sama menciptakan transportasi yang aman dan produktif yang mana artinya transportasi yang berkeselamatan, berkesehatan, mulai dari area keberangkatan, dalam perjalanan, dan ketika tiba di tujuan. Adapun peraturan terkait yaitu Permenhub 41 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka pencegahan Covid-19 pada 8 Juni lalu.





Oh jadi aman lah ya lur kalo mau mudik





Iya, tapi tetap Kemenhub menghimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pada saat menggunakan transportasi publik. Protokol kesehatan yang digunakan antara lain memakai masker dan pelindung wajah, jaga jarak, sering mencuci tangan/ membawa handsanitizer, dan memastikan telah melakukan rapid test /PCR dengan hasil non reaktif/ negatif.





Jadi gitu ya lur! Kalau mau mudik silakan, tapi tetap menjujung tinggi keselamatan, apalagi positif corona masih terus naik nih. Bagi yang mau mudik hati hati ya!





Penulis : Sifahannisa









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.