Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #75: Hasil Tracing Dosen Positif Covid. Unsoed Beneran Lockdown?

Posted: 17 Agustus 2020
Comments: 0


Sumber: liputan6.com




Eh, aku ketinggalan info apa nih?





Sejak hari Rabu, 13 Agustus 2020, jarene ana kabar sing beredar lewat aplikasi pesan singkat bahwa kampus kita melakukan lockdown, karena ada salah satu dosen yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dan setelah dilakukan contact tracing, memang betul ada yang positif.





Jadi kampus beneran di-lockdown?!





Kata Pak Hermawan Prasojo, Kasubbag Humas dan Protokoler Unsoed, tidak ada lockdown di kampus, hanya saja sedang dilakukan sterilisasi dan penataan ruangan untuk menambah sirkulasi udara. Sterilisasi ini dilakukan nang Gedung Pusat Administrasi dan Gedung Rektorat, juga di Gedung Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Lembaga Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (LPTSI) serta Fakultas Biologi.





Lah, sing positif tadi sih kepriwe?





Nah, kowe harus paham disit, contact tracing atau penelusuran kontak adalah identifikasi terhadap orang sing melakukan kontak dengan pasien positif covid, yang digunakan untuk pencegahan penyebaran infeksi. Jadi bukan terkonfirmasi positif Covid-19 yaa!





Masih kata Pak Hermawan, “Yang bersangkutan telah melakukan karantina mandiri dan telah dilakukan pendampingan oleh Tim Pendamping Tatanan Normal Baru Unsoed.” Selain itu, dosen tersebut selama pandemi tidak beraktivitas di kampus karena perkuliahan dilakukan secara daring (dalam jaringan).





Menanggapi kabar ini, Pak Bupati Banyumas juga telah mengeluarkan keterangan pers dengan Pak Rektor lohh~





Terus jare Pak Bupati sama Pak Rektor apa?





Dalam keterangan pers sing diunggah via instagram, Bupati Banyumas, Achmad Hussein, mengatakan, “Di Unsoed, ini kita sudah mengamankan semuanya. Memang betul ada yang positif, ini positif hasil tracing. Jadi yang positif sebelumnya adalah di Bank Syariah Mandiri, kemudian punya putri, putrinya jadi dosen Unsoed, ternyata karena memang satu rumah, maka kemudian dilakukan tracing. Sudah kita amankan dan sudah diisolasi.”





View this post on Instagram

Menyampaikan hasil rapat bersama .

A post shared by Achmad Husein (@ir_achmadhusein) on





Rektor Unsoed, Pak Suwarto, menambahkan, “Unsoed sekarang dalam kondisi terkendali. Kami juga ada Tim Pendamping Tatanan Normal Baru serta sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada. Terkait dengan dosen yang diindikasi positif tadi, semua kontak dekat sudah terdeteksi sehingga akan dilakukan langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.”





Wuih.. Gercep yaa Unsoed~





Iya dong! Dalam keterangan persnya juga, Pak Bupati mengatakan, “Rektor telah melakukan tindakan yang sangat cepat, bahkan nanti tanggal 18 Agustus kami akan ke Unsoed untuk melihat kondisi di sana.”





Tak lupa, Pak Rektor juga memohon doa semoga kondisi Unsoed tetap aman. Unsoed juga telah memiliki laboratorium kanggo menganalisis PCR (Polymerase Chain Reaction) yang harapannya bisa melindungi warga Unsoed, serta membantu Pak Bupati untuk melindungi masyarakat Kabupaten Banyumas.





Penulis : Ardi Eka Pandawa










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.