Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #84: Jends, Sekarang Unsoed Punya ULPK, Loh!

Posted: 1 September 2020
Comments: 0


Sumber: unsoed.ac.id




ULPK? Apaan tuh, lur?





Jadi, sekarang Unsoed resmi duwe Unit Layanan Pengaduan Kekerasan Berbasis Gender (ULPK) lur! Nah, ULPK ini hadir sebagai wujud kepedulian untuk menerapkan kesetaraan gender sehingga terwujud kampus yang responsif gender.





Emang diresmikannya kapan, lur?





ULPK Unsoed ini diresmikan pada Jumat (28/8) oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Hibnu Nugroho, S.H., M.H.





Acara sing digelar secara daring melalui aplikasi Zoom ini, juga dihadiri oleh Ketua Asosiasi Pusat Studi Wanita/Gender dan Anak Indonesia, Prof. Emy Susanti, Komisioner Komisi Nasional AntI Kekerasan terhadap Perempuas (Komnas Perempuan) Prof. Alimatul Qibtiyah, perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta para pemangku kepentingan terkait isu gender dan anak di wilayah eks Karesidenan Banyumas.





Acarane ngapain bae?





Dalam acara peresmian kie, digelar diskusi daring dengan narasumber Prof. Alimatul Qibtiyah dari Komnas Perempuan dan Dr. Riris selaku Koorniator ULPK Unsoed. Diskusi ini mengupas tentang bagaimana carane memperkuat pemahaman tentang kekerasan berbasis gender kanggo membangun kesadaran akan pentingnya pencegahan kekerasan di kampus serta diseminasi tentang peran dan keberadaan ULPK. Para pegiat dan pemerhati gender pun turut ikut dalam diskusi daring ini loh!





Terus misi dari ULPK kie apaan lur?





ULPK Unsoed ini mengemban misi yaitu menyebarluaskan komitmen perguruan tinggi dalam mencegah dan menanggulangi segala bentuk kekerasan berbasis gender. Selain itu, ULPK juga diharapkan dapat memperkuat jejaring dengan layanan bimbingan konseling nang universitas, termasuk dengan unit layanan dan pengaduan kekerasan berbasis gender yang ada di pemerintahan, kepolisian, organisasi massa, dan masyarakat luas.





Wihh keren banget, bisa jadi contoh nggo kampus-kampus lain nih!





Yaps, betul banget!





Dengan adanya ULPK ini, Unsoed diharapkan bisa mengambil peran penting dalam melakukan pencegahan terjadinya kekerasan berbasis gender di perguruan tinggi serta bisa menginspirasi kampus-kampus lain untuk mendirikan unit layanan sejenis agar bisa bahu membahu mencegah terjadinya kekerasan berbasis gender khususnya di perguruan tinggi dan masyarakat umum.





Penulis : Sevia Ayu Diniati










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.