Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #108: Kebudayaan Khas Banyumas Jadi Warisan Budaya Lur!

Posted: 14 Oktober 2020
Comments: 0


Sumber: radarbanyumas.com




Whoah! Kebudayaan apa kuwe?





Itu loh gubrak lesung!





Emangnya gubrak lesung itu apa?





Loh masa kowe gak ngerti? Sini aku jelasin, gubrak lesung itu seni tetabuhan yang dimainkan oleh para perempuan menggunakan lesung kayu yang dipukul dengan alu. Seni ini biasanya dimainkan usai panen tiba, yaitu sebagai perayaan atas panen padi yang melimpah. Namun, seiring perkembangannya, gubrak lesung juga sudah dimainkan untuk hiburan.





Oh gitu, terus gimana lagi Lur?





Nah, gubrak lesung yang jadi kebudayaan khas Banyumas ini, ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Maka dari itu, sekarang gubrak lesung punya sertifikat sebagai kebudayaan khas Banyumas Lur! Keren mbok?





Iya keren! Warisan budaya sing diajukan cuma kuwe?





Gak dong! Kepala Seksi Pengelolaan dan Pelestarian Tradisi Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Mispan mengatakan, tahun ini menyerahkan lima WBTB pada Kemendikbud. Ada wayang bawor, mendoan tempe, gubrak lesung, ebeg, dan kentongan.





“Yang lolos sertifikat baru gubrak lesung, jadi kabupaten lain tidak bisa mengusulkan gubrak lesung,” katanya.





Oalah, terus yang empat kepriwe?





Jadi, di penilaian pertama, gubrak lesung, mendoan, wayang bawor, dan ebeg lolos tanpa catatan. Namun, pada penilaian kedua, cuma gubrak lesung yang lolos. Berdasarkan penilaian, ketiganya ini kurang pendukung kajian akademisnya. Dinporabudpar Banyumas menyatakan bahwa mereka akan mengirimkan lagi untuk sertifikat WBTB tahun depan.





Terus terus…





Selain yang tadi, tahun ini Banyumas juga mengusulkan jenang Mersi, soto Sokaraja. klanting Sokaraja, karawitan gragag Banyumas, unggah-unggahan adat, sambetan, dan lainnya.





Sementara itu, sampai saat ini kebudayaan Banyumas yang sudah bersertifikat WBTB ada getuk goreng, lengger, begalan, dan calung. Mispan berharap kedepannya bisa mengajukan sertifikat untuk tradisi lisan.





Waah ternyata banyak loh kesenian khas Banyumas yang belum banyak orang tahu. Yuk, kita lestarikan kebudayaan khas Banyumas ini!





Penulis: Sifahannisa













BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.