Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #118: Banyumas Waspada Bencana Alam!

Posted: 3 November 2020
Comments: 0


Sumber: radarbanyumas.com




Hujan, hujan datang lagi~





Hujan, hujan malam ini~





Ngga kerasa yaa, udah masuk musim hujan nih! Nah, biasanya dengan adanya intensitas hujan yang tinggi menjadikan kita untuk lebih siaga dan waspada terhadap bencana alam yang mungkin terjadi di beberapa wilayah, termasuk Banyumas.





Emang kepriwe Banyumas? Ana apa?





Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Titik Puji Astuti menjelaskan bahwa selama bulan Oktober sudah ada 125 kejadian bencana di Banyumas. Sekitar 95 kejadian tersebut terjadi pada rentang tanggal 25 Oktober sampai 31 Oktober.





Wah, akeh banget!





Betul banget Lur! Ibu Titik juga mengatakan bahwa pada tahun 2020 ini kejadian bencana alam di Banyumas lebih banyak dibanding tahun 2019 lalu. Dari awal tahun 2020 sampai dengan September sudah tercatat 369 kejadian. Sedangkan di tahun 2019 tercatat hanya ada 243 kejadian.





Terus bencanane apa bae itu?





Bencana yang terjadi beragam, di antaranya banjir dan longsor. Akan tetapi bencana yang terjadi didominasi oleh tanah longsor atau tanah gerak.  Adapun banjir hanya di beberapa wilayah saja, seperti Kemranjen, Sumpiuh, dan juga Tambak.





Kira-kira faktor penyebabe apa ya kuwe?





Jadi gini Lur, bencana alam yang berupa banjir dan tanah longsor terjadi karena adanya faktor cuaca ekstrem La Nina. Nah sampai saat ini belum ada angin kencang, namun diperkirakan di tanggal 5 November akan ada hujan petir. Nah, untuk itu tetap waspada dengan segala kemungkinan yang akan terjadi ya Lur!





Untuk membantu para korban bencana alam,





Mari galang hati dan kepedulian!





Ulurkan tangan kalian  untuk mereka yang kesulitan,





Beri donasi untuk mereka yang membutuhkan!





Penulis: Ayu Sulistiara














BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.