Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #126: Yuk Gowes di Jalur Baru!

Posted: 16 November 2020
Comments: 0


Sumber: rri.co.id




Jalur baru? Sejak kapan, Lur?





Iya, ada jalur baru yang bisa disebut jalur hijau, Lur! Sejak Minggu (15/11), telah resmi difungsikan jalur baru khusus untuk pesepeda di beberapa ruas jalan di Purwokerto. Jalur khusus tersebut ditandai dengan warna hijau dengan gambar sepeda  di titik-titik jalur itu.





Terus jalure lewat mana aja?





Nah, untuk jalurnya itu terbentang sepanjang 6,73 kilometer, melewati sejumlah ruas jalan di Purwokerto, seperti Jl. R.A. Wiriatmaja, Jl. Masjid, Jl. Jenderal Soedirman, Jl. Gatot Subroto, Jl. Kombas, dan Jl. MT. Haryono. Jalan khusus ini tetap mengikuti sistem satu arah, Lur!





Panjang juga ya … eh berarti cuma buat pesepeda?





Bener, cuma buat pesepeda, Lur! Penyediaan jalur khusus tersebut merupakan bentuk upaya untuk menindaklanjuti terkait Peraturan Menteri Perhubungan No. 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan Raya serta Peraturan Bupati Banyumas No. 41 Tahun 2020 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Kegiatan Perkotaan Purwokerto, jadi udah jelas bahwa jalur khusus itu cuma buat pesepeda, bukan buat parkir, Lur! Nah, buat pesepeda juga nggak boleh keluar jalur itu ya, karena ada sanksinya juga!





Oh iya, nggak cuma jalur baru …





Ana aplikasi baru juga nih, Lur!





Bersamaan dengan dengan difungsikannya jalur baru khusus pesepeda, diluncurkan pula aplikasi Si Bagoess (Banyumas Gowes Sehat dan Selamat), aplikasi ini merupakan hasil kerja sama anatara Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informasi, serta Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas untuk mewujudkan kejelasan data komunitas pesepeda di Kabupaten Banyumas. Jadi, melalui aplikasi ini diharapkan setiap komunitas pesepeda memberikan informasi mengenai komunitasnya masing-masing, Lur!





Wah, keren juga ya Purwokerto!





Udah semestinya! Dengan berbagai pembaruan yang ada, semoga benar-benar dapat difungsikan dengan sebaik-baiknya ya. Sehingga, dapat tercipta ketertiban lalu lintas, serta kesempatan bersepeda.





Selamat bersepeda, Lur! Jangan lupa tetap patuhi aturan lalu lintas dan protokol kesehatan yang berlaku yaaa!





Penulis: Silvia Sulistiara










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.