Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #253 : Catat! Akhir Pekan, Sistem Ganjil Genap Diberlakukan di Banyumas

Posted: 21 September 2021
Comments: 0






(Sumber : radarbanyumas.co.id)





Loh, Lur, ganjil genap diberlakukan buat apa, sih?





Jadi gini, Lur, sistem plat nomor kendaraan ganjil genap bakal diberlakukan Satlantas Polresta Banyumas sebagai upaya mengurangi kerumunan pada saat liburan akhir pekan. Hal itu dikatakan Kasat Lantas Polresta Banyumas, Kompol Ari Prayitno. “Jadi besok Sabtu-Minggu kita sesuaikan tanggalnya dengan plat nomor kendaraan wisatawan. Kalau ganjil tentunya plat nomor kendaraan yang boleh lewat itu ganjil begitu pula sebaliknya,” katanya.





Emang objek wisata di Banyumas udah dibuka, Lur?





Wah, kiyee rung ngerti, ya?





Jadi, wisata di Banyumas sudah dibuka semua, lho! setelah tutup selama masa PPKM sejak bulan Juli lalu. Beberapa pekan ke belakang, memang sudah ada wisata yang dibuka, tetapi hanya Baturraden saja. Kepala Dinporabudpar Banyumas, Asis Kusumandani, mengatakan, saat ini keseluruhan tempat wisata sudah dibuka untuk umum. Pembukaan tempat wisata untuk keseluruhan ini, sudah dilakukan sejak Sabtu (18/9). Terkait aturan, lanjut dia, sama dengan aturan yang sudah berlaku di Baturraden.





Sementara itu, Ketua Asosiasi Penyelenggara Atraksi dan Aktivitas Wisata (APAAW) Banyumas, Agus Triono, mengatakan sudah keseluruhan tempat wisata telah dibuka. “Semua diizinkan, dengan tahapan verifikasi kelengkapan prokes,” kata dia.





Nah, walaupun udah dibuka nih, Lur, protokolnya apa aja, sih?





Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Banyumas Imam Ahfas meminta agar dinas terkait jangan hanya sebatas melakukan pendataan. Momen tersebut harus dijadikan sarana belanja masalah, dan juga pendamping jika ada kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha pariwisata. “Pendataan arahnya sebagai pertimbangan untuk nantinya bisa buka kembali. Wisata-wisata yang dinilai masih belum representatif soal sarana dan prasarana atau kendala lain, harus didampingi betul dan dicarikan solusinya oleh dinas terkait,” katanya. Ia menambahkan, kala pandemi seperti ini pelaku usaha harus benar-benar adaptif. Bukan hanya obyek wisata yang ditawarkan semata. Namun juga soal kebersihan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan.





Wahh, asyikk, bisa liburan lagi, dong!





Eitss, sik, Lur, sebelum liburan, pastikan mengetahui pemberlakuan sistem ganjil genap dulu!





Dari pantauan Kasat Lantas Polresta Banyumas Kompol Ari Prayitno, selama ini memang setiap akhir pekan jalanan ke arah Baturraden selalu padat. "Jadi nanti di Segitiga Puaran kita lakukan penyekatan dan wilayah Sumbang,” kata dia. Ari mengatakan, sistem tersebut memang baru pernah dilakukan di Banyumas. Meski begitu, pihaknya mencoba melakukan di jalur wisata, dengan tujuan tentunya untuk mengurangi atau membatasi kerumunan di wilayah Baturraden.





Loh, Lur, untuk warga lokal Baturraden gimana, dong?





Nah, simak ini dulu, Lur, untuk warga lokal tidak perlu khawatir, terutama warga Baturraden yang hendak melakukan aktivitas bekerja maupun berbelanja ke pasar. “Untuk warga yang bekerja diperbolehkan untuk melintasinya. Program ini hanya untuk wisatawan,” kata Ari.





Wah, akhirnya bisa liburan juga, ya! nyong wes ra sabar, kiyee!





Walaupun objek wisata di Banyumas sudah dibuka semua, tetap menjaga protokol kesehatan, ya, Lur! Tetap ikuti arahan pemerintah untuk mendukung Indonesia bebas dari pandemi Covid-19, yaa! 😉☺️










Penulis : Yuka Nabila Shauma


Tags:

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.