Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #254 : Anggaran PEN Rp100 Miliar, Banyak yang Baru di Purwokerto!

Posted: 22 September 2021
Comments: 0


(Sumber : radarbanyumas.co.id)




Wah, ada apa nih, Lur? BTW, PEN itu apa, sih?





Jadi, PEN merupakan singkatan dari Pemulihan Ekonomi Nasional. Untuk tahun ini, Purwokerto memiliki dana PEN sebesar Rp110.250.000.000. Uang bermiliar-miliar itu, nantinya akan dialokasikan untuk melakukan berbagai pembangunan seperti di kawasan kota baru Purwokerto.





Terus, apa aja tuh yang mau dibangun?





Nah, buat sekarang, kegiatan pembangunan di kawasan kota baru Purwokerto masih terus berlanjut. Mulai dari pembangunan masjid raya tahap I, hingga pembangunan gedung DPRD baru tahap I.





Namun, pembangunan yang sedang dilaksanakan kiye, merupakan alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini.





Pembangunan dari PEN, akan difokuskan untuk kegiatan wisata, seperti pembangunan menara pandang, convention hall, sentra kuliner dan UMKM, area parkir, serta Plaza Soekarno.





Wuis keren ... kapan nih, kita bisa main ke sana?





Kalem, Lur~





Menurut Kabid Tata Bangunan DPU Kabupaten Banyumas, Wahyudiono, kegiatan pembangunan dari PEN ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.





Sing perlu kowe ketahui, anggaran PEN ini merupakan pinjaman, jadi harus ada pengembaliannya. Pengumpulan dana pengembalian akan dilakukan lewat pendapatan bangunan-bangunan wisata tadi. Misalnya dari ticketing, sewa-menyewa ataupun parkir.





Nek kuliah wis offline, pasti main ke sana!





Sip. Karena rencananya, seluruh bangunan sudah bisa dimanfaatkan tahun depan, tinggal menunggu pengelolaannya akan dipegang oleh Pemda atau pihak ketiga.

Aja kelalen vaksin, Lur! Biar kuliah segera offline, dan kita bisa main ke kawasan kota baru Purwokerto.










Penulis : Ardi Eka


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.