Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #43: Hadapi Pandemi, Pasar Manis Makin Manis

Posted: 8 Juni 2020
Comments: 0


Sumber: Kompas.com




Pada hari minggu ku turut ayah ke kota, naik delman istimewa ke Pasar New Normal~





Eits ngko disit... Pasar New Normal kie apa?





Jadi dalam rangka menyambut kenormalan baru atau new normal, Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dijadikan oleh Pemerintah Pusat sebagai pasar rakyat percontohan nasional. Nah, mulai Kamis 4 Juni 2020 kemarin, Pasar Manis telah melakukan sejumlah pembenahan untuk sistem jual beli menuju new normal.





Terus bedanya sama pasar biasa apa, lur?





Pertama, disediakannya tempat penukaran uang steril di pintu masuk. Penukaran uang dilakukan dengan kolaborasi bersama Bank Jateng, dimana uang yang dipakai untuk transaksi akan dipanaskan untuk menghindari virus yang menempel di uang kertas.





Lalu, diberlakukannya sistem satu arah. Pintu masuk dan keluar dibedakan sehingga kita yang lagi belanja nggak saling berkerumun di satu jalan. Ngga cuma di jalan raya aja lur yang bisa nerapin one way, pasar new normal juga bisa kok.





Walaupun jalurnya berubah, koe ngga perlu bingung atau khawatir bakal tersesat di dalam pasar. Karena untuk memudahkan pengunjung, pengelola pasar telah memasang petunjuk berupa stiker tapak kaki di seluruh area pasar. Seru kan lur belanja sambil ngikutin jejak kaki? Udah kaya detektif aja nih~





Sumber: Tribunjateng.com




Jadi sekarang wis aman kalau arep meng pasar?





Biarpun ada tim gabungan TNI dan Polri yang berjaga di sekitar pasar, kita tetap harus menjaga diri sendiri dan orang lain demi mencegah penyebaran virus covid-19. Oh iya, untuk saat ini baru Pasar Manis saja yang menerapkan hal tersebut, karena diminta langsung oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai pasar rakyat percontohan untuk penanggulangan pandemi.





Asik bisa belanja sambil dolan nih~





Iya sih bisa, tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya!





Kata Pak Gesang, Kasi Administrasi dan Pengembangan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dinperindag) Kabupaten Banyumas, “Yang ngga pake masker, ngga boleh masuk! Udah ada peraturannya.”  Cuci tangan dan cek suhu juga harus dilakukan sebelum memasuki area pasar. Dan meskipun udah new normal, tetap kurangi kegiatan di luar rumah selama kepentingannya tidak terlalu mendesak. Stay safe, lur!





Penulis : Ardi Eka Pandawa










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!






Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.