Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #44 : Bukan Cuma Cinta Luar Biasa, Ada Kereta Luar Biasa Juga!

Posted: 9 Juni 2020
Comments: 0


Sumber: radarbanyumas.co.id




Eh, eh Kereta Luar Biasa kue apa sih lur?





Bagi yang belum tau, Kereta Luar Biasa (KLB) adalah kereta api yang dijalankan di luar jadwal regular atau grafik perjalanan saat kebutuhan mendesak atau sangat mendesak, jadwal KLB ini akan diteruskan ke stasiun-stasiun yang akan dilewatinya.





Awalnya KLB hanya digunakan untuk penumpang dengan persyaratan tertentu. Tapi tenang bae, mulai Senin kemarin (8/6) masyarakat umum udah bisa pakai Kereta Luar Biasa (KLB) ini kok.





Oh iya jangan lupa lengkapin persyaratannya juga, ya!





Emang syaratnya apa bae sih?





Nah, untuk bisa menggunakan KLB ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon penumpang. Pertama, saat membeli tiket calon penumpang wajib menunjukkan bukti bebas Covid-19 dengan memperlihatkan hasil tes PCR atau rapid test negatif yang masih berlaku. Petugas stasiun akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen calon penumpang sebelum diizinkan membeli tiket. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui pengoperasian KLB.





Kedua, khusus bagi calon penumpang yang akan menggunakan KLB dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta, wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta.





Ketiga, saat keberangkatan, penumpang harus mengenakan masker dan dalam kondisi sehat (tidak flu, tidak demam, tidak batuk), serta suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Bagi penumpang yang tidak memenuhi persyaratan tersebut dilarang menggunakan KLB.





Oh iya, sampai kapan tuh pengoperasiannya?





Sebagai pelayanan kereta api saat pandemi, KLB ini awalnya direncanakan beroperasi hingga Minggu (7/6). Namun kemudian diperpanjang sampai empat hari ke depan yaitu 8 - 11 Juni 2020. Untuk pembelian tiket akan dimulai H-2 keberangkatan dan tidak dapat diwakilkan. Selain itu pemesanan/pembelian tiket akan dilayani via online, baik di aplikasi KAI Access, website kai.id, maupun channel penjualan tiket KA. Khusus pembelian tiket di stasiun hanya melayani penjualatan tiket go show (3 jam sebelum keberangkatan).





Dalam hal operasional, KAI tetap mengoperasikan 6 perjalanan KLB yang melayani 3 rute, yaitu Gambir-Surabaya Pasarturi Lintas Selatan PP, Gambir-Surabaya Pasarturi Lintas Utara PP, dan Bandung-Surabaya Pasarturi PP.





Untuk perjalanan KLB dari arah Surabaya hanya akan beroperasi setiap tanggal ganjil, sedangkan KLB dari arah Jakarta dan Bandung akan beroperasi setiap tanggal genap.





Buat pengoperasian KLB, emang Stasiun Purwokerto wis siap lur?





Ya udah dong! Buktinya, untuk menyambut new normal, Stasiun Purwokerto sudah mulai menyiapkan berbagai protokol kesehatan dengan ketat, antara lain :





1. Sebelum masuk area gedung stasiun, wajib mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan.





2. Saat masuk stasiun akan dilakukan pengukuran suhu badan oleh petugas. Jika suhu tubuh 37,3 derajat atau lebih, dilarang masuk stasiun.





3. Saat akan boarding, calon penumpang akan kembali diperiksa dengan termoscanner dipintu boarding.





4. Setiap calon penumpang akan dibagikan face shield yang wajib digunakan selama perjalanan.





5. Untuk memastikan kondisi penumpang, petugas akan melakukan pengukuran suhu badan setiap 3 jam selama di dalam kereta.





Nah, buat kalian yang mau melakukan perjalanan dari atau ke stasiun Purwokerto, selalu hati-hati ya!





Penulis : Sevia Ayu Diniati










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.