Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #113: Mau Muncak ke Gunung Slamet? Jangan Lupa Bawa Surat Keterangan Sehat Ya Lur!

Posted: 23 Oktober 2020
Comments: 0


Sumber: Tribunnews.com




Emang jalur pendakiannya wis dibuka Lur?





Udah nih! Sejak awal Oktober 2020 jalur pendakian Gunung Slamet di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah, memang wis mulai dibuka kembali secara bertahap. Tetapi setiap pendaki harus menerapkan protokol kesehatan sing wis ditentukan.





Jalur mana aja nih sing wis dibuka?





Menurut Sugito, Junior Manajer Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, jalur pendakian Gunung Slamet sing wis dibuka yaitu antara lain :





  1. Jalur pendakian Gunung Malang, Purbalingga, dibuka pada 13/10/2020.
  2. Jalur pendakian Baturraden, Banyumas, dibuka pada 22/10/2020, dan
  3. Jalur Bambangan, Purbalingga, rencananya akan dibuka pada 25/10/2020.




Trus ada ketentuan khususnya ora kiye?





Ada dong! Ketentuannya yaitu kuota pendakian akan dibatasi setiap hari. Untuk Bambangan 300 orang per hari, Gunung Malang 50 orang per hari, dan Baturraden 50 orang per hari. Selain kuwe, setiap pendaki juga wajib menerapkan protokol kesehatan sing wis ditentukan.





Emang apa bae protokol kesehatannya Lur?





Pertama, setiap pendaki wajib membawa surat keterangan sehat dan suhu tubuh harus di bawah 37 derajat celcius. Kedua, setiap pendaki wajib menggunakan masker dan membawa cadangan masker minimal dua buah. Ketiga, setiap pendaki harus menjaga jarak dengan pendaki lain, ora berkerumun, dan menjaga ketertiban. Keempat, pendaki juga wajib menggunakan peralatan pribadi nggo berbagai keperluan seperti makan, minum, dan ibadah. Kelima, isi tenda maksimal 50 persen dari kapasitas dan jarak antar tenda diatur minimal dua meter.





Nah, hati-hati buat kalian yang mau mendaki ke Gunung Slamet ya Lur! Jangan lupa juga patuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan di atas! 😊





Penulis: Sevia Ayu Diniati









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.