Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #139: Asik, Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah!

Posted: 8 Desember 2020
Comments: 0






Wah ada apa kiye, Lur?





Kabar baik Lur! Ana perwakilan dari Universitas Jenderal Soedirman sing mengikuti ajang Lomba Karya Tulis Imiah Mahasiwa yang diselenggarakan Universitas Makasar. Mereka adalah Reza Darmawan, Yoga Aditya dan Panca Cahya Utami dari program studi Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian. Didampingi oleh Dosen Pembimbing yaitu Ibu Riana Listanti, S.TP.,M.Sc., karya tulis mereka berhasil meraih Juara 1 loh!





Ceritain dong lombanya gimana ...





Nah sebelum penentuan juara, para peserta mengirimkan makalah Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk mengikuti seleksi tahap pertama. Selanjutnya ditentukan finalis dari penilaian tahap pertama. Dari hasil penilaian tersebut, perwakilan Unsoed berhasil merebut Juara 1. Artine, mahasiswa Unsoed berhasil mengungguli mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) di lomba ini!





Wow! Judul karya tulisnya pasti keren nih!





Pasti dong! Judul sing dibawakan yaitu “E-COTIN (Edible Coating Kitosan dari Cangkang Kerang Hijau): Inovasi Pelapis Anti Bakteri untuk mempertahankan Mutu Cabai Merah (Capsicum Annuum L) Sebagai Upaya Menjaga Keamanan Pangan Nasional”.





Reza mengungkapkan, E-COTIN yang dipresentasikannya duwe keunggulan menghambat pertumbuhan bakteri, pengawet alami penyerap antioksidan, menurunkan kecepatan respirasi dan memiliki potensi dikembangkan dadi produk komersial tanpa menimbulkan residu. “Proses pembuatannya diawali dengan membuat kitosan dari cangkang kerang hijau kemudian dilarutkan menggunakan asam asetat dan disesuaikan pHnya,” kata Reza.





Nah, cairan tersebut kemudian diuji coba pada cabai merah. Hasilnya, cairan tersebut berhasil menghambat pertumbuhan bakteri loh! Penemuan ini efektif menjaga dan mempertahankan kualitas cabai hingga 12 hari, dilihat dari sudut bobot, warna, kandungan vitamin C, dan tingkat kerusakan cabainya.





Mantap banget! Eh, lombanya daring ya berarti?





Betul. Reza mengungkapkan, meskipun lomba kiye daring, mereka tetap mengikuti kompetisi ilmiah ini dengan sepenuh hati. Prestasi kiye juga bakal dadi sebuah langkah untuk meningkatkan kualitas dan berkompetisi di level yang lebih tinggi, yaitu level internasional.





Semoga kita bisa terus berkarya dan berprestasi ya, Lur! Semangat!










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags:

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.